My Story

Metamorfosa Audy Joinaldy dari berbisnis, mengajar hingga berpolitik

Walau berasal dari keluarga berlatar belakang sebagai pengusaha, selepas menempuh perkuliahan Audy tidak langsung terjun menjadi pengusaha, melainkan bekerja secara profesional pada perusahaan multinasional. Dari bekerja inilah awalnya Audy Joinaldy mulai membentuk jejaringnya.

Selepas bekerja selama beberapa tahun, Audy akhirnya memutuskan untuk memulai usaha sendiri di bidang manufaktur bahan baku ternak dengan skala kecil dan modal seadanya. Setelah itu usahanya pun mulai berkembang dari pabrik pakan ternak, pembibitan dan penetasan ayam pedaging, kandang ayam broiler/pedaging dan kandang ayam petelur hingga rumah potong ayam untuk bidang peternakan. Di waktu bersamaan Audy juga membangun usaha di bidang pertanian, khsususnya dalam tanaman pangan seperti jagung, beras dan juga kedelai. Perusahaan ini bergerak di bidang pembenihan jagung, hingga penyaluran atau logistik jagung dan juga bekerja sama dengan perusahaan multinasional yang memproduksi benih jagung.

Dari dunia usaha inilah nama Audy mulai dikenal publik di dunia peternakan dan pertanian, Audy pun makin dikenal oleh publik setelah menjadi Ketua Alumni Peternakan (Hanter) IPB. Audy membangkitkan organisasi yang sempat mati suri ini dengan mendirikan DPD Hanter di seantero Indonesia mulai dari Sumatera hingga Papua. Adapun Alumni Fapet IPB seluruh Indonesia diperkirakan sudah mencapai 11.000 orang.


Kemampuan Audy dalam public speaking yang atraktif dan dinamis juga mulai di dengar oleh publik. Sebagai seorang pengusaha yang memiliki gelar akademik dan profesi yang berderet menjadi daya tarik tersendiri. Karena itulah Audy sering diundang oleh berbagai Universitas, Dinas maupun Institusi lainya untuk menjadi pembicara, baik itu kuliah umum, kuliah tamu, talkshow, seminar baik nasional maupun internasional. Audy pernah membawakan materi di berbagai Universitas ternama di Indonesia dan bahkan menjadi dosen dalam beberapa mata kuliah (Usaha peternakan, Pengantar Ilmu Peternakan, Nutrisi Unggas, Industri Makanan Ternak, Produksi Unggas Komersial) di Fakultas Peternakan IPB dan juga terdaftar secara resmi di Fakultas Peternakan UGM sebagai dosen dari industri.

Dunia bisnis dan pendidikan akhirnya mengantarkan Audy ke dunia yang tidak pernah Audy pikirkan atau ingin masuki sebelumnya, dunia Politik. Masuknya Audy ke dunia tersebut di awali oleh perjumpaan Audy dengan salah satu tokoh nasional asal Sumatera Barat. Karena kemampuan berbisnis dan "mengajar" Audy lah yang membuat Audy "kecemplung" di dunia yang Audy awam sama sekali ini. Audy Joinaldy pebisnis sukses yang juga merupakan tokoh milenial Sumbar ini juga digadang-gadang sebagai Calon Wakil Gubernur dalam Pilgub Sumbar 2020, provinsi paling indah di Indonesia yang merupakan provinsi asal nenek moyang Audy Joinaldy

Riwayat Pendidikan

  • TK Islam Al-Azhar Kemandoran 1987-1989
  • SD Islam Al-Azhar Pusat 1989-1995
  • SMP Islam Al-Azhar Pusat 1995-1998
  • SMA Islam Al-Azhar Pusat 1998-2001
  • Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor 2001-2005
  • Wageningen University 2005-2007
  • Magister Manajemen Universitas Hasanuddin 2010-2012
  • Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor 2017- skrg
  • Profesi Insyinyur Peternakan Universitas Gadjah Mada 2018-2019
  • Insyinyur Profesional (PII) 2019
  • Asean Engineering (AFEO) 2019

Profil Pengalaman Organisasi

  • 2001-2002 Kepala Divisi Kewirausahaan BEM TPB IPB
  • 2005-2006 Presiden Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Wageningen Netherlands
  • 2017-2021 Bapak Asuh Futsal IPB
  • 2017-sekarang Kader DPP PPP
  • 2018-2022 Ketua Umum Himpunan Alumni Fakultas Peternakan IPB
  • 2019-2019 Wakil SekJend 2 Saudagar Minang Raya
  • 2019-2021 Dosen Industri Fakultas Peternakan UGM
  • 2019-2021 Anggota Tim Bisnis Saudagar Minang Raya
  • 2019-2023 Wakil Ketua Umum Perhimpunan Alumni Pelajar Mahasiswa Minang (PAPMM)
  • 2019-2024 Wakil Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Hubungan Masyarakat Dewan Pengurus Pusat Pinsar Indonesia
  • 2019-sekarang Anggota PII (Persatuan Insinyur Indonesia) “The Institution of Engineers Indonesia”
  • 2019-sekarang Anggota AFEO “ASEAN Federation of Engineering Organisations”

Profil Keluarga

Audy Joinaldy merupakan anak pertama dari pasangan Joinerri Kahar yang berasal dari Padang dan Desmilia yang berasal dari Solok. Audy Joinaldy menikah dengan dr. Fitria Amalia Umar, Sp.KK, M.Kes pada tanggal 11 November 2007 beliau seorang dokter alumni Universitas Indonesia dan saat ini menjadi Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di beberapa Rumah Sakit di Jakarta. Istri Audy Joinaldy merupkan keturunan Arab. Audy Joinaldy saat ini memiliki 3 orang anak yang kesemuanya bersekolah di Al-Azhar Pusat. Jannaisya Aufilia Joinaldy (Naisya-11), Zafransya Aulia Joinaldy (Zafran-6) dan Zadrinsya Aufal Joinaldy (Zadrin-3).

Audy Joinaldy adalah anak pertama dari 3 bersaudara yang kesemuanya laki-laki. Kompol Joinaldo, S.H, S.IK, M.H, M.IK , Adik Pertama Audy Joinaldy merupakan perwira polisi berpangkat Kompol yang bertugas di Mabes Polri dan menikah dengan Jessica Sadikin dan telah mempunyai dua orang Putra Jarga dan Jeidhan. Joifadi, S.E, B.Sc, Adik kedua Audy Joinaldy merupakan seorang pengusaha alumnus Universitas Indonesia dan Groninegn Belanda yang saat ini sedang menempuh pendidikan Magister di Institut Teknologi Bandung (ITB) Business School.

Keluarga Minang

Audy Joinaldy lahir di Jakarta dari keluarga sangat sederhana. Ayah Audy Joinaldy tidak pernah menamatkan pendidikan tingginya dan memulai hidupnya dari “Nol”. Ayah Audy Joinaldy pernah berkuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB), itulah mengapa Audy Joinaldy juga ketika SMA sangat ingin berkuliah di IPB, untuk menyelesaikan apa yang Orang Tuanya tidak bisa selesaikan. Pada masa itu, Ayah Audy Joinaldy bekerja sebagai pengusaha kecil-kecilan utk menghidupi keluarganya. Bahkan untuk Audy Joinaldy bersekolah dasar saat itu orang tuanya terpaksa meminjam uang ke kerabat agar Audy Joinaldy dapat bersekolah, dimasa itu Audy Joinaldy bersekolah di SD hingga SMA di Al Azhar Pusat Kebayoran Baru.

Kakek Buyut Audy Joinaldy adalah Marah Adin, yang merupakan Kepala Dinas Pertanian Sumatera Tengah pada masanya. Juga sebagai salah satu pendiri Fakultas Pertanian Universitas Andalas dan menjadi Acting Dekan saat pendiriannya. Beiau juga Ketua Panitia pembentukan Kota Solok. Bahkan nama beliau diabadikan menjadi salah satu nama jalan di Kota Solok dan juga kota Payakumbuh.

Kakek Buyut Marah Adin memiliki seorang putri bernama Aisyah, beliau lah Andung Kandung Audy Joinaldy dari pihak Ibu, yang tidak pernah Audy Joinaldy temui karena beliau wafat sebelum Audy Joinaldy lahir. Ibunda Audy Joinaldy adalah anak ke 5 Andung Aisyah. Kakek buyut Marah Adin sempat hadir di pernikahan Ibu dan Ayah Audy Joinaldy di tahun 1982 dan wafat pada tahun 1983. Ketika Buyut Marah Adin wafat di tahun tersebutlah Audy Joinaldy hadir didunia. Tuhan seperti ingin menggantikan sosok besar di dunia Pertanian Sumatera Barat dengan lahirnya Audy Joinaldy yang saat ini akan berjuang mengembalikan kejayaan Pertanian Sumbar sebagaimana Kakek Buyut Marah Adin telah melakukannya.

Kakek Buyut Marah Adin

Alm. H. Marah Adin Datuk Penghulu Sati

Tempat/tgl lahir: Sumagek Aro IV Korong, Solok tanggal 24 Juli 1898
Pekerjaan: Pensiunan Inspektur Pertanian/ Kepala Dinas Pertanian Rakyat Provinsi Sumatera Tengah

Riwayat Pendidikan:
Inlasch School der Klasse I/II di Solok (1904-1905)
Inlasch School der Klasse III/IV di Sawah Lunto (1905-1908)
Sekolah Europeshce Lagere School (Sekolah Rendah Barat) di Sawahlunto dan Solok (1909-1915)
Middlebare Landbouw School (MLS) setingkat SPP SPMA di Bogor (1915-1921)
Pengalaman Pemateri
  • Pembicara. Seminar Penanganan Pasca Panen Jagung, Pinrang Sulawesi Selatan, 8 Mei 2009.

  • Pembicara. Seminar on Broiler and Layer Modern Management at PT Freeport, Timika Papua, 19 Mei 2010.

  • Pembicara. Seminar on Egg nutrition on Elementary Teacher, SDN Bontojai Makassar Sulawesi Selatan, 2 November 2010.

  • Pembicara. Egg Campaign on Student, SDN Bontojai Makassar Sulawesi Selatan, 3 November 2010.

  • Pembicara. Seminar on Broiler Modern Management, Samarinda Kalimantan Timur, 24 November 2010.

  • Pembicara. Seminar on Broiler Modern Management and Future Poultry Business in NTB, 3rd Anniversary UD Kartika Agro Group, Mataram Nusa Tenggara Barat, 26 Februari 2011.

  • Pembicara. Seminar on Egg Nutrition for Elementary Teacher, SDN Kapasa Makassar Sulawesi Selatan, 10 Maret 2011.

  • Pembicara. Egg campaign and games for Elementary Student, SDN Kapasa Makassar Sulawesi Selatan, 11 Maret 2011.

  • Pembicara. Seminar on Broiler Modern Management at Iping Group, Bati-Bati Kalimantan Selatan, 28 April 2011.

  • Pembicara. Seminar on Broiler and Layer Moder Management and Situation on current Poultry Consumption in Indonesia, Timika Papua, 12 Oktober 2011.

  • Pembicara. Seminar on Broiler and Layer Modern Management and Situation on current Poultry Consumption in Indonesia, Jayapura Papua, 13 Oktober 2011.

  • Pembicara. Peran Wirausaha muda peternakan dalam mewujudkan kemandirian peternakan   Indonesia berbasis sumber daya lokal, Bakti Amal Mahasiswa Peternakan Indonesia, Fakultas Peternakan Universitas Haluoleo Kendari, 2 November 2016.

  • Kuliah Umum: Meningkatkan kapasitas personal dalam menjawab tantangan globalisasi industri perunggasa, Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Tadulako Palu, 6 September 2016.

  • Stadium General: Membangun wirausahawan muda berbasis peternakan, Fakultas Peternakan Universitas Haluoleo Kendari, 19 Januari 2016.

  • Seminar Nasional (Pembicara Utama): Meningkatkan semangat berwirausaha untuk menghadapi persaingan global, Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Tadulako Palu. 2 Juni 2016.

  • Kuliah Umum: Penguatan stakeholders bidang peternakan sebagai daya dukung pengembangan dunia usaha dan dunia industr, SPPN Sidrap Sulawesi Selatan, 26 April 2017.

  • Pembicara Meet the Cowboy Angkatan 53 Fakultas Peternakan IPB. Bangga Menjadi Sarjana Peternakan!!. Bogor. 30 Agustus 2017.

  • Talkshow Back to Village, Anamorphic, Keluarga Mahasiswa Lampung IPB, Bandar Lampung, 4 Februari 2018.

  • Talkshow Pengenalan Mahasiswa Fakultas Peternakan IPB angkatan 55, Bogor, 16 Agustus 2018.

  • Talkshow Kewirausahaan, Expo KMI IX, IPB, Bogor, 11 November 2018

  • Kuliah Umum (CEO and Leadership Forum) Sekolah Bisnis IPB, Bogor, 15 November 2018.

  • Seminar Nasional (Pembicara Utama), Inovasi Teknologi Peternakan Dalam Mendukung Terwujudnya Ketahanan Pangan Nasional,Universitas Halu Oleo, Kendari 17 November 2018.

  • Pembicara Utama, Seminar Nasional dan Kongres ISPI XII. Konsolidasi Sarjana Peternakan dalam Mendukung Kemandirian Pangan Asal Ternak, Kapitalisme di Industri Perunggasan Indonesia. Universitas Brawijaya, Malang 6-8 Desember 2018.

  • Studium General Pembekalan Karir Pra Wisuda, IPB, Bogor 10 Desember 2018.

  • Kuliah Umum. Peluang Tantangan dan Strategi Bisnis Berbasis Sumber Daya Alam. Strategi dan Inovasi Bisnis Peternakan. Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia, Depok 13 Desember 2018.

  • Narasumber. Lokakarya Kurikulum Fakultas Peternakan IPB, Papyrus Tropical Hotel, Bogor, 14 Januari 2019.

  • Talkshow Back to Village, Patronize, Keluarga Mahasiswa Lampung IPB, Hotel Bukit Rindu, Bandar Lampung, 20 Januari 2019.

  • Kuliah Umum. Kewirausahaan Industri Perunggasan 4.0 di Indonesia. Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Mataram 9 April 2019.

  • Pembicara Lokakarya Akademik Program Studi Teknologi dan Manajemen Ternak, Sekolah Vokasi IPB Bogor, 16 April 2019.

  • Seminar Pengusaha Minang 4.0, Kewirausahaan Agroindutri Indonesia. PAPMM (Perhimpunan Alumni Pelajar Mahasiswa Minang), PKSPL IPB Bogor, 27 April 2019.

  • Talkshow, Generasi Muda Minang yang Tangguh untuk Kemakmuran Bangsa. Halal Bi Halal Yayasan Minang Bandung, Gedung City Plaza Jakarta, 23 Juni 2019.

  • Kuliah Umum. Entrepreneurship Industri Perunggasan 4.0. Fakultas Peternakan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1 Juli 2019.

  • Pembicara. Summer Course on Applied Sciences for Sustainable Tourism. SDG's and CRM Certification. Departemen Ekonomi dan Sumberdaya Lingkungan, Fakultas Ekonomi Manajemen IPB, 10 Juli 2019.

  • Sambutan. Upacara Wisuda dan Penyerahan Ijazah Program Pendidikan Diploma Sekolah Vokasi IPB, Tahap I Tahun Akademik 2019/2019, GWW Dramaga Bogor, 24 Juli 2019.

  • Pembicara. Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB Tahun 2019-Fakultas Peternakan. Bangga Sebagai Mahasiswa Fakultas Peternakan IPB. Aula JHH Fakultas Peternakan IPB Dramaga Bogor, 6 Agustus 2019.

  • Kuliah Tamu. Mata Kuliah Industri Pakan. Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan IPB. Bogor, 14 Agustus 2019.

  • Invited Speaker. Seminar Nasional Persepsi IV. Spirit Humanisme Di Era Revolusi Industri Bidang Peternakan. Strategi Meningkatkan Daya Saing Industri Perunggasan di Era Digitalisasi dan Perdagangan Bebas. Makassar, 21 Agustus 2019.

  • Kuliah Umum. Entrepreneurship on Agro Industry 4.0. Universitas Muslim Maros Sulawesi Selatan, 22 Agustus 2019.

  • Pembicara. Temu Nasional Forum Logistik Peternakan Indonesia, Aplikasi Teknologi Digital pada Industri Logistik Peternakan 4.0. Digitalisasi pada Logistik Perunggasan: Apa yang kita butuhkan?.Ildex ICE BSD, 18 September 2019.

  • Pembedah Buku. Jagung Untuk Pakan: Masalah dan Solusinya dari Hulu ke Hilir, penulis: Dr Mursyid Ma'sum. Kongres AINI. Ildex ICE BSD Tangerang 19 September 2019.

  • Pembahas. Livestock and Waste Management Forever. Ildex ICE BSD Tangerang 20 September 2019.

  • Pembicara. Seminar and Competition of Animal Science 2019. Peran Mahasiswa dalam Optimalisasi Peternakan sebagai upaya mendukung SDG 2030. Industri Perunggasan Indonesia, Peluang dan Tantangan. Fakultas Peternakan IPB, 29 September 2019.

  • Pembicara. Entrepreneurhsip on Digital Era 4.0. Universitas Bung Hatta, Padang 7 Oktober 2019.

  • Pembicara. Tantangan Industri Peternakan di Era Revolusi Industri 4.0. Digitalization in Poultry Industry: What We Need?. Dies Natalis Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Padang 8 Oktober 2019.

  • Pembicara. Seminar Sehari Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan serta Kontes Ternak tahun 2019 Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur. Persiapan Sumber Protein Hewani Unggas (Ayam dan Telur) dalam Rangka Penetapan Provinsi Kalimantan Timur sebagai Ibukota Republik Indonesia. Samarinda 11 Oktober 2019.

  • Kuliah Tamu. Mata Kuliah Usaha Peternakan. The Easiest Way to Become on Entrepreneur on Anumal Husbandry and Livestock Industry. Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan IPB. Bogor 14 Oktober 2019.

  • Pembicara. Seminar Nasional DPP HA IPB. Perubahan Paradigma Dunia Usaha Berbasis Transformasi Digital. Auditorium Andi Hakim Nasution IPB. Bogor 15 Oktober 2019.

  • Invited Speaker. The International Conference of The International Society For

  • Economics and Social Science of Animal Health South East Asia (ISESSAH-SEA 2019). Prospects on Animal Health Business in Digital Era. IPB Convention Centre, Bogor 18 Oktober 2019.

  • Pembicara. Seminar Internasional Peternakan. Peran ISPI dalam Menghadapi Industri Peternakan 4.0 Untuk Membangun Desa Mandiri. Strategi peningkatan daya saing industri perunggasan pada era digital 4.0 dan perdagangan bebas. Pontianak 22 Oktober 2019.

  • Pembicara Kuliah Tamu. CEO Talk and Entrepreneurial Development Forum. Sekolah Bisnis IPB Program Magister. Bogor 12 November 2019.

  • Sambutan. Hanter International Seminar: Making Indonesia's Livestock Industry 4.0. Bogor 14 November 2019.

  • Kuliah Umum. Kewirausahaan Industri Perunggasan 4.0. Fakultas Peternakan Universitas Udayana. Bali 19 November 2019.

  • Invited Speaker. International Conference on Improving Tropical Animal Production for Food Security, Theme: Intensive Research and Development for Sustainable Agricultural Product. Strategy to Improve Competitiveness on Poultry Industry 4.0. Kendari 23 November 2019.

  • Pembicara. Ngopi Alumni IPB, Makan Ngopi, Ngobrol Petanian. Strategi dalam Percepatan Pembangunan Pertanian Menghadapi Era Industri 4.0 Bersama Alumni IPB dan Stakeholders Pertanian. Bogor 29 November 2019.

  • Kuliah Umum. Kewirausahaan Industri Perunggasan 4.0. Fakultas Peternakan dan Perikanan Univeristas Tadulako. Palu 3 Desember 2019.

  • Pembicara. Seminar Peran Layer Farm dalam Mendukung PON XX tahun 2020 dan Aswasembada Telur Tahun 2022 di Kabupaten Jayapura. Aula Kantor Bupati Jayapura. Jayapura 9 Desember 2019.

  • Kuliah Umum. Kewirausahaan Industri Perunggasan 4.0. Fakultas Peternakan Universitas Papua. Manokwari 12 Desember 2019.

  • Narasumber. Workshop Penyelesaian Kurikulum 2020 (K2020) Departemen IPTP, Fakultas Peetrnakan IPB. Bogor 6 Januari 2020.

  • Pembicara. Seminar dan Bedah Kampus Canvassing IPB. Universitas Andalas, Padang 11 Januari 2020.

  • Pembicara. Talkshow IPB Goes to Payakumbuh. Aula Peternakan Kota Payakumbuh 12 Januari 2020.

  • Pembicara. Into IPB Sriwijaya Muda untuk Indonesia. Xaverius Centrum Studiorum Palembang 19 Januari 2020.

  • Kuliah Tamu. Perkembangan Industri Perunggasan Nasional dan Internasional, M.K: Nutrisi Unggas. Bogor 20 Januari 2020.

  • Sambutan. Seminar dalam rangka Harlah PPP Ke-47: Mengamalkan KeIslaman dalam Moderasi Beragama. Padang 11 Februari 2020.

  • Kuliah Tamu. MK. Produksi Unggas Komersial: Indonesia Layer Industry. Bogor 22 Februari 2020.

  • Kuliah Tamu. MK.Pengantar Ilmu Peternakan: Industri Perunggasan Indonesia. Bogor 29 Februari 2020.

  • Pembicara. Seminar Nasional:Kontribusi Dunia Peternakan dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Mataram 18 Maret 2020

Success Story