Opinion

Hari UMKM Nasional 2020 - Bersama Memajukan Ekonomi Sumbar, UMKM Unggul - Indonesia Maju

Hari UMKM Nasional 2020 - Bersama Memajukan Ekonomi Sumbar, UMKM Unggul - Indonesia Maju

Dalam Rangka memperingati Hari Nasional UMKM 12 Agustus 2020, dengan tema peringatan Hari UMKM 2020 adalah “Meretas Jalan UMKM Unggulan untuk Mewujudkan Kedaulatan Ekonomi Bangsa”. Maksud dan tujuannya, memperluas dan memperkuat jaringan kerja sama pelaku dan pendamping UMKM. Meningkatkan kreativitas dan daya saing UMKM, membentuk UMKM unggulan dan mendukung terwujudnya kedaulatan ekonomi bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Nasional UMKM ini selayaknya menjadi momentum bahwa UMKM memang berperan sangat penting sebagai tulang punggung perekonomian nasional pada umumnya, dan perekonomian Sumatera Barat pada khususnya.

Potensi majunya perekonomian mikro kecil dan menengah di Sumatera Barat ini sangat besar, dan dibutuhkan kerjasama banyak pihak untuk terus memajukan UMKM Sumbar. Selama masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, perekonomian secara keseluruhan mengalamai penurunan, termasuk juga untuk kalangan UMKM. Namun juga tidak sedikit UMKM yang mengalami peningkatan penjualan selama masa pandemi ini, terutama yang bergerak dalam sektor makanan, penyedia barang kebutuhan sehari-hari, dan lain sebaginya.


Akan selalu ada tantangan dalam membangun usaha, selain pandemic Covid-19, ada banyak hal juga yang sering kali menjadi tantangan para pelaku UMKM dalam mempertahankan bisnisnya.

Sebagai masyarakat Sumbar, sudah sepatutnya kita semua saling membantu. Tidak hanya pemerintah yang harus turun tangan. Yang bisa dilakukan untuk membantu UMKM Sumatera Barat di tengah krisis pandemi COVID-19 ini yaitu dengan cara: Membeli kebutuhan harian dari pedagang kecil di warung atau pasar, membeli produk fashion dari brand lokal Sumbar, membeli jajanan makanan atau minuman dari pedagang kecil.

Jika pembaca disini ada memiliki pandangan mengenai UMKM Sumbar, bisa kunjungi sosial media Audy Joinaldy untuk berdiskusi demi kemajuan Sumatera Barat.

Baca juga: http://audyjoinaldy.com/home/index.php/opinion/80-kiat-kiat-umkm-sumbar-naik-kelas