Opinion

Audi Joinaldy - Pertanian Digital - Tokoh Milenial Sumbar

Wujudkan Pertanian Digital, Revolusi Industri 4.0 Di Sumatera Barat

Revolusi industri 4.0 berdampak pada segala sektor termasuk pertanian. Era baru yang dibawa oleh revolusi industri 4.0 adalah pertanian digital. Pertanian digital mengandalkan sensor, robot, peta digital kondisi air secara real time, peta kondisi hara tanah serta hama untuk aplikasi air pupuk, dan pestisida hijau. Pertanian digital juga akan memngoptimalkan pemanfaatan energi air laut dan matahari untuk menghasilkan pangan.

Pertanian digital merupakan sebuah teknologi yang bisa membantu Anda membuat keputusan secara praktis dan bermanfaat. Teknologi ini juga memudahkan manajemen risiko di pertanian dengan mengoptimalkan potensi keuntungan yang bisa diraih. Pertanian digital juga akan lebih banyak menggunakan teknologi canggih seperti IoT (Internet of Thing).

Diprovinsi Sumatera Barat sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, dengan lahan yang cukup luas yaitu sekitar 230.000 ha dan tersebar di 19 kota dan kabupaten yang ada. Menurut data BPS, sektor pertanian masih menjadi sektor penting dalam perekonomian Sumatera Barat, dimana pada tahun 2017 memiliki kontribusi sebesar 23,48 % pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sumatera Barat.

Peluang pertanian digital juga seharus nya dapat ditangkap oleh generasi milenial Sumatera Barat. Sehingga nantinya akan tumbuh dan berkembang petani yang tidak hanya sekedar bertani tetapi sudah mengutamakan profit oriented tentunya tanpa mengesampingkan kualitas. Bersama-sama untuk bisa berkontribusi dalam kemajuan pertanian Sumatera Barat baik itu berupa ide, gagasan, penerapan teknologi maupun inovasi terkini dibidang pertanian yang bisa diaplikasikan secara langsung ditengah-tengah masyarakat.

Salah satu solusi yang tepat untuk bisa memotivasi generasi milenial untuk mau mendedikasikan diri mengembangkan pertanian Sumatera Barat untuk bertani yaitu dengan moderenisasi pertanian (penggunaan teknologi yang canggih).

Selain itu peran serta penyuluh pertanian yang memang sangat erat hubungan nya dengan petani juga petani muda sukses bisa menjadi motivasi dan contoh bagi lahir nya petani muda baru, agar kedepan terjadi nya regenerasi petani yang tidak hanya harus menjadi petani konvensional tetapi sudah mulai berfikir ke arah moderenisasi pertanian

Selaku tokoh milenial Sumatera Barat yang berlatar belakang bidang pertanian, Audy Joinaldy ingin mengajak generasi milenial Sumbar untuk memajukan pertanian Sumatera Barat dengan memanfaatkan teknolgi pertanian digital. Berkaca dari pengalaman menjalankan bisnis pertanian dan pengetahuan serta riset selama ini, sangat besar potensi untuk menjadikan Sumatera Barat unggul dalam menggunakan pertanian digital untuk memajukan perekonomian Sumatera Barat.

Kesimpulannya adalah, pertanian digital merupakan teknologi yang dapat memudahkan pengambilan keputusan secara praktis dan bermanfaat, teknologi ini membuat manajemen risiko di pertanian menjadi lebih mudah dan membantu meningkatkan potensi keuntungan secara berkelanjutan.

Kunci utama kesuksesan pertanian digital adalah tentang data yang terukur. Mengenai apa saja yang dibutuhkan tanaman untuk mencapai hasil produksi yang optimal, dan apa yang harus dilakukan petani untuk mewujudkan pertanian digital.