Recent Press

Tok! Mahyeldi-Audy Sah Jadi Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar Terpilih

Padang - Pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy akhirnya secara sah ditetapkan sebagai pemenang Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Barat (Pilgub Sumbar) 2020. Keduanya ditetapkan KPU Sumatera Barat sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Barat terpilih.

"Menetapkan pasangan calon gubernur-wakil gubernur terpilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat 2020 nomor urut 4, yaitu Mahyeldi-Audy Joinaldy," kata Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani, yang memimpin rapat pleno, Jumat (19/2/2021).

"Dengan perolehan suara sebanyak 726.853 suara atau 32,43 persen suara dari total suara sah," tambah Yanuk.

Pleno KPU penetapan calon terpilih dihadiri semua komisioner KPU Sumbar, yakni Amnasmen, Nova Indra, Gebril Daulay dan Izwaryani, serta Sekretaris Firman.

Penetapan tersebut juga dituangkan melalui surat keputusan bernomor 36/PL.02.7-BA/13/KPU-Prov/II/2021,

Ketua KPU Sumbar Yanuk mengatakan pleno penetapan calon terpilih memang tertunda karena ada pasangan calon yang melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Setelah MK membacakan putusannya, baru KPU melakukan pleno penetapan.

"Memang pleno ini agak terlambat, karena kita harus menunggu keputusan MK, hasilnya memang tidak ada perubahan, maka saat ini kita lakukan pleno penetapan," kata Yanuk usai pleno.

Yanuk juga mengatakan, setelah melakukan pleno, KPU Sumbar langsung ke DPRD Sumbar untuk memberikan surat keputusan pemenang pilkada untuk selanjutnya lembaga legislatif tersebut akan mengusulkannya kepada Presiden RI melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Kita akan lanjutkan surat keputusan pleno KPU ini ke DPRD Sumbar untuk dilanjutkan ke Presiden melalui Menteri Dalam Negeri, untuk mengeluarkan SK gubernur sekaligus melantiknya," kata dia.

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-5385448/tok-mahyeldi-audy-sah-jadi-gubernur-wakil-gubernur-sumbar-terpilih