Recent Press

Audy Joinaldy Dorong Anak Muda di Sumbar Manfaatkan BLK

Bisnis.com, PADANG - Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy Joinaldy mendorong anak muda di Ranah Minang untuk memanfaatkan keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK) supaya anak muda terlepas dari status pengangguran. "Saya merasa takjub melihat fasilitas yang ada di BLK Kota Padang ini. Dari yang saya lihat ada 45 macam jenis pelatihan di BLK ini, dan semuanya disediakan secara gratis," kata Audy, saat berkunjung ke BLK Kota Padang, Kamis (4/3/2021).

Menurutnya dengan adanya sejumlah fasilitas pelatihan yang dimiliki oleh BLK Kota Padang, merupakan sebuah peluang bagi anak muda di Sumbar, untuk menjauhkan dirinya dari status pengangguran. Artinya dengan adanya 45 macam pelatihan itu, dapat membantu para anak muda untuk bisa memiliki keterampilan atau skil dalam bidang tenaga kerja. Untuk itu, keberadaan BLK perlu dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Saya memang baru di Sumbar ini. Tapi dengan adanya fasilitas yang sangat memadai di BLK, saya berharap anak muda di Ranah Minang jangan sia-siakan kesempatan ini," harap dia. Audy juga menyebutkan bahwa bila anak muda di Sumbar melek dengan BLK, maka dapat dipastikan bahwa angka pengangguran bisa ditekan. Serta turut dapat mengangkat skil tenaga kerja di kanca internasional.

"Kalau sudah lulus dari BLK, bila bekerja ke luar negeri misalnya, bukan sebagai pekerja buruh lagi, tapi sebagai tenaga yang memiliki skil," ujarnya. Tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan, Audy juga berpendapat, dengan banyaknya bermunculan tenaga kerja yang memiliki skil dari Sumbar, maka dapat mematahkan anggapan banyak orang yang menyatakan bahwa masyarakat Sumbar tidak cocok menjadi tenaga kerja berskill. "Maksudnya seperti punya skil berbahasa Jepang, punya skil desain grafis, skil dalam bidang otomotif, dan jenis tenaga kerja lainnya," ungkap Audy.

Sementara itu Kepala Balai Latihan (BLK) Padang, Syamsi Hari, menyatakan, dengan adanya 45 macam pelatihan itu, juga didukung oleh instruktur yang handal, dan mereka semua 95 persennya adalah dari Sumbar. "Kami siap untuk melatih anak-anak muda di Sumbar untuk bisa memiliki keahlian supaya dapat bersaing di dunia kerja. Pendaftarannya gratis dan dapat dilakukan secara online," jelasnya.

Hari menjelaskan 45 macam pelatihan itu di antaranya teknik otomotif, desain grafis, akting, teknik elektronika, informasi, dan beberapa jenis pelatihan lainnya ada di BLK Padang. "Para anak muda di Padang yang ingin masuk ke BLK Padang cukup mudah persyaratannya yakni memiliki pendidikan minimal SD dan minimal memiliki usia 17 tahun, serta persyaratan umum lainnya. Bisa daftar secara online di situs BLK Padang," tutup Hari. (k56)

Sumber: https://sumatra.bisnis.com/read/20210304/533/1363992/audy-joinaldy-dorong-anak-muda-di-sumbar-manfaatkan-blk