Recent Press

Koperasi SMR Bantu Masyarakat Lepas dari Rentenir

Covesia.com - Koperasi Saudagar Minang Raya tak hanya fokus pada penyejahteraan anggota yang semua merupakan orang Minang, tapi juga membantu masyarakat Minangkabau lepas dari jerat para rentenir.

"Koperasi Saudagar Minang Raya punya usaha nirlaba berupa pemberian pinjaman kepada pengusaha kecil yang tanpa dipungut biaya apapun, tanpa biaya administrasi, tanpa Bunga, tanpa bagi hasil tapi dana tersebut harus kembali 100 persen kepada kami dan syarat utamanya ia dijamin oleh satu anggota koperasi," ungkap Joy Kahar yang merupakan ketua umum koperasi SMR kepada Covesia sesaat setelah membuka rapat akhir tahun di hotel Grand Inna Muara Padang, Sabtu (14/3/2020).

Ditambahkan Joy, pinjaman tersebut harus kembali sesuai evaluasi yang dilakukan." Ada yang 3 bulan, ada yang minta 4 bulan, ada 5 bulan," terangnya.

Dikatakan Joy usaha membantu para pengusaha kecil yang terlilit hutang pada rentenir ini memiliki dampak yang bagus. "Respon penerima pinjaman amat baik," ujarnya.

Selain itu, kata pengusaha Minang ini tujuan adanya usaha nirlaba ini agar masyarakat Minang menjadi saudagar. "Kita sudah bantu 168 orang," ungkapnya.

Joy mengatakan tak ada hambatan yang dihadapi koperasi ini. "Kita semua hebat, tak ada hambatan walaupun kita masih 3 tahun," ujarnya.

Dikatakan Joy sekarang koperasi SMR sudah mencapai 480 orang dari berbagai profesi seperti pensiunan, wartawan, guru besar, Gubernur, walikota, masih banyak lainnya.

Gak usah mikir rumit, maju terus kita. "Minang harus hebat, kita tularkan yang positif, saya mulai dari koperasi ini," pungkasnya.(lia)

Sumber: https://covesia.com/news/baca/92774/koperasi-smr-bantu-masyarakat-lepas-dari-rentenir