Recent Press

Sumbar Siapkan Event Sport Tourism Bersepeda Naik Kereta Api ke Pariaman

Sumbar Siapkan Event Sport Tourism Bersepeda Naik Kereta Api ke Pariaman

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre II Sumatera Barat telah meluncurkan layanan bagasi sepeda untuk kereta api Sibinuang. Rute kereta api dimulai dari Stasiun Padang - Pariaman.

Adanya layanan ini, dinilai memiliki peluang bagus untuk dijadikan sebuah event dengan konsep sport tourism. Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengatakan ada tiga daerah yang dilalui rute kereta api Sibinuang. Mulai dari Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman, dan Kota Pariaman.

"Saya melihat ini adalah sebuah peluang yang bagus untuk pariwisata di Sumbar. Karena selama ini belum ada orang bersepeda naik kereta api, dan ini perdana di Indonesia," kata Audy, Minggu 21 November 2021.
Dia menyebutkan kedepan Pemprov Sumbar akan membahas ini bersama pemerintah kabupaten dan kota, terkait skema dan konsep sport tourism yang akan dihadirkan.

"Rencana saya itu, orang dari Padang bisa berwisata dengan cara bersepeda ke Pariaman, melalui jasa kereta api. Nanti setiba di Pariaman silahkan berkeliling dengan sepeda, kan Pariaman cukup banyak wisata lokal," ujarnya.

Selain itu bisa juga diperluas, bersepeda bisa ke Padang Pariaman dan Agam, karena Sibinuang bisa ke Stasiun Naras juga. "Ini gambarannya, nanti perlu dirapatkan dulu. Tapi bagi saya hal ini menarik dijalankan. Minimal bisa menggaet wisatawan lokal," sebutnya.

Wali Kota Pariaman Genius Umar menyebutkan kehadiran layanan bagasi sepeda non lipat di kereta api Sibinuang rute Padang - Pariaman ini, akan memberikan dampak yang besar bagi pariwisata di Pariaman.

"Selama ini orang berwisata ke Pariaman, jalan kaki setiba di Pantai Gandoriah. Nah sekarang bisa bawa sepeda non lipat, kan bisa keliling kawasan Kota Pariaman," ujar Genius.

Untuk itu, dia menyambut baik adanya rencana dan ide dari Wagub Sumbar terkait perlu dipersiapkan sebuah event sport tourism.

Sumber: https://kumparan.com/langkanid/sumbar-siapkan-event-sport-tourism-bersepeda-naik-kereta-api-ke-pariaman-1wxghkgbWTb/full